Kamis, 13 November 2014

PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN (ANALISIS) DATA



RINGKASAN MATERI
            Berdasarkan asal sumbernya, data yang akan dikumpulkan dalam penelitian dapat dibedakan atas :
1.      Data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari obyek penelitian (responden maupun informan).
2.      Data sekunder, yakni data yang diperoleh dari lembaga atau institusi tertentu (seperti Biro Pusat Statistik) maupun literatur kepustakaan.
Dalam penelitian kuantitatif, data yang hendak dikumpulkan umumnya dapat diukur (measurable). Sedangkan data dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif biasanya berupa data yang tidak bisa diukur atau dinilai dengan angka secara langsung. Sumber data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan. Sedangkan data tertulis, foto, dan statistik adalah data tambahan (Moleong, 2007 : 157).


A.    Instrumen Penelitian (Pengumpulan Data)
Instrumen penelitian adalah perangkat untuk menggali data primer dari obyek penelitian (responden maupun informan) sebagai sumber data terpenting dalam suatu kegiatan penelitian. Instrumen atau alat ukur merupakan sesuatu yang sangat penting. Hal ini karena perolehan suatu informasi atau data, relevan atau tidaknya, tergantung pada alat ukur  tersebut.
Instrumen penelitian harus disusun sedemikian rupa agar tidak terkesan menjebak, terlalu mengarahkan, terlalu menggiring, mensugesti, menggurui, menguji, melecehkan, menguak rahasia pribadi, atau menyingkap hal-hal yang tidak relevan. (Suyanto, 2005 : 59).
1.      Penelitian Kuantitatif
Angket merupakan instrumen penelitian yang lazim digunakan dalam penelitian bercorak kuantitatif. Metode ini adalah cara pengumpulan data dengan mengajukan sejumlah pertanyaan yang dicantumkan pada lembaran kertas atau media lain, untuk diberikan kepada sekelompok orang untuk diisikan.
Kelebihan metode ini, antara lain, tidak memerlukan kehadiran peneliti, dapat dibagikan secara serentak kepada banyak responden dan memberikan keleluasaan bagi mereka untuk menjawab, serta bisa dbuat anonim (tanpa menyebutkan identitas) sehingga responden lebih bebas memberikan jawaban.

Ada beberapa jenis pertanyaan yang dapat diajukan dalam pembuatan angket, yaitu :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar