Senin, 24 November 2014

“INFORMASI SOSIAL”



“INFORMASI SOSIAL”

Penyebaran informasi dan konsumsi teknologi biometrik informasi berkembang terus-menerus,industri informasi dan komunikasi memiliki pertumbuhan tahunan sebesar 7-8 % dengan  kecenderungan dalam lipatan,yang membuatnya tercepat industri di dunia,hasilnya adalah pasukan diseluruh dunia layanan tidak peduli jarak, dan aktivasi kerjasama internasional.
           Dengan munculnya komputer pribadi mulai berbicara tentang pembentukan ruang informasi dan masyarakat baru,informasi baru dengan persyaratan khusus mereka terhadap kegiatan adalah warga negara yang beranekaragam muncul,yang bekerja dari jarak jauh seperti,perbelanjaan,perbankan,pemasaran,pendidikan jarak jauh,dan lain-lain.
Komunikasi teknologi baru dan proses yang terjadi globalisasi ekonomi dalam pasar memberikan dorongan baru,dari perkembangaan masyarakat informasi dan ekonomi,integrasi,sosial budaya,teknis efek sosial yang berbeda bangsa,teknologi informasi dalam masyarakat informasi adalah globalisasi ekonomi,perluasan pasar,ekonomi menyusut,pertumbuhan usaha kecil dan menengah pada rekening bisnis besar,transformasi ekonomi ke arah informasi dan jasa berbasis pengetahuan,informasi masyarakat menyediakan kondisi untuk perbaikan kemungkinan pengembangan pribadi.




Keuntungan penting kemampuan besar warga negara untuk menggunakan kemungkinan ini,di satu sisi adalah perlunya memperoleh pengetahuan baru dan pengembangan keterampilan khusus untuk menangani teknnologi informasi baru, “melek teknologi” adalah salah satu elemen wajib obliterasi perbedaan antara “informasi negara-negara miskin” informasi yang kaya.
Di dasar persiapan untuk informasi masyarakat berdiri realisasi peran penting pendidikan bagi partisipasi warga yang memadai dalam mengembangkan ide-ide baru,konsep pendekatan kreatif untuk bekerja,dalam mempelajari dari kehidupan itu sendiri,dalam mengatasi pengangguran,secara umum dalam menghadapi tantangan masyarakat berdasarkan pengetahuan.

Karakteristik Informasi Masyarakat :
v  Teori Informasi Masyarakat
Abad ke-XX perkembangan teknologi penggunaan skala besar,telegraf,telepon,pengolahan elektro mekanik data,mikroelektronika, dan lain-lain,jaringan komputer terhubung dengan perkembangan bisnis besar dan kebutuhan kontrol terpusat atas pembuatan dan pemasaran dalam memperluas pasar besar nasional,perusahaan menunjukan arah investasi mereka dalam teknologi baru karena mereka paham dalam penyampaian pesan,proses dan pengolahan informasi.
Sejumlah teori yang sama untuk masyarakat masa depan muncul,itu ditetapkan dengan cara yang berbeda “Ekonomi Jasa”, “Masyarakat kognisi”, “Ekonomi Informasi”, penganut ide-ide ini M.Port, W.Lizard, and Dr.Edwen Parcker, mengembangkan tesis untuk berorientasi sosial,mengembangkan dalam masyarakat dimana penciptaan,distribusi dan penggunaan informasi di bidang ekonomi,pendidikan dan ekonomi dipengaruhi oleh komputer.


Berbagai teori gelombang sosial baru adalah  J.Felton’s proyek untuk “peradaban elektronik global” ,yang merupakan integrasi antara TV,komputer, dan energik disebut “telekomputerenergetika”. Gagasan utama dalah bahwa pembangunan demokerasi terhubung dengan distribusi teknologi informasi dan jaringan kabel telekomunikasi yang menyediakan dua arah hubungan antara warga negara dan pemerintah.
F.Williams dukungan Serupa teori-teori untuk "revolusi Komunikatif" dan E.Masuda bagi masyarakat, di mana kelas diganti dengan masyarakat informasi teridentifikasi secara sosial dengan dibedakan "info-bola", "techno-bola, dan lain-lain. Membuat sebagai hasil dari revolusi mikroelektronik. Dasar-dasar semua teori ini disebutkan.
v  Sifat Informasi Masyarakat
Masyarakat informasi adalah masyarakat pertama dalam sejarah peradaban di mana tempat sentral membutuhkan pengetahuan dan teknologi intelektual. Itu bukanlah posisi yang merupakan jaminan sukses dan kekayaan, tetapi tingkat pendidikan setiap satu individu. Di tengah-tengah masyarakat informasi adalah sumber daya universitas pengetahuan teoritis. Masyarakat kontemporer mengidentifikasi dirinya dengan konsep masyarakat informamation, di mana oleh F.Williams "pengetahuan, pendidikan, penelitian ilmiah, komputer dan telekomunikasi yang menggunakan adalah dasar untuk pertumbuhan ekonomi"
Seorang penjelajah dari informasi mayarakat spesifik amerika 6 komponen masyarakat informasi:
-          Informasi yang dipertukarkan sebagai kebutuhan ekonomi dan  kehadiran sejumlah besar informasi proses tenaga kerja. Produksi, penyimpanan dan menawarkan informasi adalah fungsi prioritas sejumlah besar proses tenaga kerja di sebagian besar bidang profesional.



-           Sebuah interaksi diperpanjang antara teknologi informasi dan lembaga, antara individu dan institusi,kehadiran aliran informasi rinci dan homogenat industri.
-           Pengetahuan ilmiah memiliki status khusus. Pengetahuan akademik dan ilmiah merupakan sumber komersial.
-           Lingkungan sosial menjadi pencipta media massa.
-           Meningkatnya saluran komunikasi dan pesan menjadi penafsir utama dan pembuat realitas.
-          Teknologi informasi menembus masyarakat perangkat mekanik. memungkinkan individu untuk melestarikan, menyampaikan informasi dan proses.

v  Pembangunan Informasi Masyarakat
Ini adalah masalah apakah dengan pembangunan masyarakat informasi mulai zaman informasi, menurut beberapa ilmuwan masyarakat informasi berkembang hanya transisi intrermediate antara informasi industri era pertama belum selesai dan kedua belum sepenuhnya diatur dalam , Toffler mengklaim bahwa "gelombang ketiga", menatap sudah mulai di Amerika Serikat di tengah-tengah 50-an dengan kemajuan "kerah putih" ilmuwan lain mengambil pandangan munculnya komputer pribadi dan revolusi informasi di tahun 80-an.
keterampilan fisik digantikan oleh pengetahuan, tombol karakteristik ekonomi berbasis pengetahuan yang
-  Produksi barang manufaktur dipindahkan ke negara-negara dengan kekuatan   murah pria dan digantikan oleh produksi produk informasi berbasis
- pertumbuhan cepat informasi produk dan layanan
- perpindahan rendah pekerja berkualitas dengan kualifikasi dengan tangan informasi


- ekspansi cepat dan augmentasi jumlah perusahaan memberikan pengetahuan dan informasi.

v  Aspek dan Isu-isu Dalam Informasi Masyarakat

Perubahan yang masyarakat informasi membawa revolusioner memang-mereka menyangkut modus hidup masyarakat, kerja dan bentuk-bentuk budaya, berasal akses gratis terbuka untuk pengetahuan dunia, pilihan konsumen bebas sangat dalam lipatan dan akses mereka terhadap budaya yang berbeda, kualitas kehidupan meningkatkan pada, profesi baru berasal, tidak terikat dengan waktu kerja dan tempat, di mana posisi terdepan memiliki organisasi kerja, dan prioritas memiliki pengetahuan dan pendidikan, yang diadopsi adalah nilai-nilai umum yang membangun dasar model sosial Eropa sebagai demokrasi dan hak asasi manusia kesetaraan dan kesejahteraan sosial dan solidaritas, dalam konteks yang perhatian khusus diberikan kepada perempuan, orang tua, menonaktifkan orang, orang-orang dengan gelar pendidikan rendah dan minoritas.

v  Politik Sosial

Informasi akses universal adalah suatu keharusan bagi keberadaan masyarakat informasi dan prasyarat bagi partisipasi warga negara setara di lembaga demokrasi, itu adalah jaminan bagi hak setiap orang untuk mencari, menerima dan menyebarkan informasi tidak peduli perbatasan nasional, akses universal termasuk akses ke informasi jalan raya super, layanan telekomunikasi untuk sekolah, universitas, perpustakaan, dan lembaga kebudayaan lain yang merupakan ruang bawah tanah masyarakat informasi, di bawah kondisi masyarakat informasi,




teknologi informasi baru bisa menambahkan juga untuk bekerja keluar kesetaraan penting pendidikan isu-isu sosial, manajemen dengan pinancial batas dalam pendidikan dan sebagainya, pendidikan jarak jauh misalnya bisa bekerja di luar masalah
pendidikan wajib bagi anak-anak, hidup adalah daerah yang jauh, di mana tidak mungkin untuk membangun dan memelihara sekolah, orang melumpuhkan, dari bersedia kualifikasi lebih lanjut dan re-kualifikasi dan sebagainya .

v  Pendidikan dan Informasi Masyarakat

Tugas utama dari rencana aksi adalah :
-  Menghubungkan institusi pendidikan dalam jaringan Eropa dalam rangka menciptakan sarana baru untuk akses dunia
- untuk membantu program pendidikan multimedia, merangsang aplikasi pedagogis multimedia dan membentuk massa kritis konsumen, produk dan jasa multimedia pendidikan
- untuk melatih dan memotivasi guru dan dosen untuk menggunakan cara-cara baru pendidikan dari masyarakat informasi pelebaran berbagai budaya dan bahasa mereka.

v  Tentang Moral

Dasar etika pengorganisasian aturan:
-  Hanya berwenang akses ke sumber daya komputer.
-  Menghormati hak orang lain.
-  Kerahasiaan informasi yang diberikan.



-  Setiap karyawan untuk menggunakan nya pengetahuan dan keterampilan untuk menginformasikan masyarakat di semua bidang kompetensi nya.
-  Konfirmasi bahwa produk kerja seseorang digunakan secara bertanggung jawab sosial
- Tidak menggunakan informasi rahasia atau pribadi untuk bantuan pribadi.

v  Masalah Teknologi Dan Kejahatan Komputer

masyarakat akan lebih dan lebih bergantung pada teknologi informasi dan sistem, mereka ada dimana-mana - bank, rumah sakit, dan perusahaan insurence, polisi, elektro dan pembangkit listrik atom, transportasi dan lain-lain komputer berbasis sistem informasi rentan kejahatan dan penganiayaan menggunakan, kerusakan dan penyalahgunaan, dan kesalahan manusia.

v  Kesimpulan
Teknologi informasi dan komunikasi ternyata kekuatan motif globalisasi dan menstabilkan faktor dalam hubungan internasional,globalisasi dalam masyarakat informasi yang diungkapkan oleh tren masyarakat dunia terhadap menggunakan semua sumber daya tersedia dengan pilihan bebas setiap orang atas akses ke sumber daya tersebut , dibatasi oleh ruang dan waktu minimum dan dengan keberadaan toleran dalam,dibangun oleh diri sendiri dunia multikultural,akses universal terhadap informasi dalam masyarakat informasi merupakan prasyarat bagi partisipasi warga lebih besar di lembaga demokratis dibandingkan yang signifikan muncul dalam pengelolaan sumber daya informasi negara kaya dan miskin . masyarakat informasi ditandai dengan pendidikan jarak jauh terorganisir dan bekerja , dengan mengembangkan jaringan universitas , oleh antar perbatasan jaringan publik dan jenis baru dari hubungan sosial,


memberikan warganya semua kemungkinan ini dengan membangun infrastruktur informasi dan komunikasi itu. mengapa yang memperkenalkan dari informasi teknologi akan ditentukan untuk politik fundamental dan ekonomi menyatakan hubungan,bersamaan dengan berkembangnya infrastruktur informasi itu adalah warga negara yang diperlukan masyarakat informasi untuk mencapai skala besar kemampuan dalam pengetahuan komputer komunikasi dan keterampilan harus fasih didalam ini berarti keterampilan , kemampuan untuk dimasukkan ke dalam
praktek dan akses untuk pengalaman yang berbeda pendidikan, kurikulum , on-line perpustakaan , ensiklopedi , museum , galeri dan lain-lain jelas adalah perlunya kebijakan pemerintah pendidikan terpadu di setiap negara dalam rangka sektor pendidikan untuk tidak berdiri di belakang revolusi teknologi.
Untuk mengembangkan 'manusia menghadapi eropa di era informasi', untuk asuhan budaya komunikasi baru dari warga negara, politik berbagai negara harus berorientasi pada tujuan strategi sebagai menciptakan lembaga pendidikan yang fleksibel dan terus menerus Tecnologic inovasi dan elaborasi dari bentuk kerja baru dan dorongan dari partisipasi warga negara dalam informasi sosial.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar