Senin, 24 November 2014

Berguru Pada Katak


Berguru Pada Katak

Imam Kholil bin Ahmad adalah salah satu ulama yang menguasai berbagai ilmu agama. Beliau adalah guru dari Imam Syibawaih, tokoh ulama ahli Nahwu ternama.
Dalam ilmu Nahwu, sebenarnya Imam Kholil adalah guru yang paling berjasa dalam mengharumkan nama Imam Syibawaih. Namun kemudian nama beliau tenggelam dalam kebesaran nama Imam Syibawaih dalam sejarah ilmu Nahwu.
Hal itu bermula ketika Imam Syibawaih membuka majlis taĆ¢??lim setelah beliau keluar dari majlis pengajian Imam kholil. Beberapa orang dekat Imam Syibawaih mempromosikan majlis beliau dengan mengatakan bahwa seluruh ilmu yang dimiliki oleh Ima
m Kholil telah dikuasai dan diajarkan oleh Imam Syibawaih. Akibat promosi tersebut tidak sedikit akhirnya murid-murid Imam Kholil berpindah pada majlis imam Syibawaih, sehingga lama kelamaan majlis sang guru menjadi sepi.
Menghadapi kenyataan tersebut, Imam Kholil mencari jalan bagaimana agar majlisnya kembali ramai. Setelah beberapa lama berpikir, beliau kemudian memutuskan untuk menuju ka'bah untuk meminta petunjuk pada Allah SWT. Di hadapan ka'bah kembali beliau memohon dan berpikir cara mengembalikan majlisnya kembali seperti sediakala.
Ketika malam mulai beranjak sepi, Imam Kholil tetap dalam tafakkurnya, hanya bunyi serangga malam dan desir angin yang menemaninya. Tiba-tiga pikirannya terusik oleh suara sekawanan katak yang berirama, tungal tungal. tungal¦. tongal tongal tongal Dan, akhrinya muncullah ide cemerlang dalam benaknya.
Keesokan harinya, Imam Kholil bergegas pulang. Di kediamannya beliau mengurung diri untuk mengembangkan ide cemerlang yang baru didapatnya. Beberapa hari kemudian beliau keluar dan mengumumkan bahwa dirinya memiliki ilmu baru yang belum dikuasai oleh Imam Syibawaih. Akhirnya murid-murid yang awalnya membelot ke majlis Imam Syibawaih kembali pada majlisnya, ditambah orang-orang lain yang ingin mendapatkan ilmu baru itu meramaikan majlis Imam Kholil untuk menimba ilmu yang belum diketahui oleh Imam Syibawaih tesebut.
Hingga saat ini, Imam Kholil lebih dikenal sebagai penemu ilmu Arudl, ilmu yang mempelajari tentang kaidah-kaidah qasidah Arab yang dikarangnya setelah mendapat inspirasi dari suara katak dikeheningan malam.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar