Minggu, 22 Januari 2012

RPP model SSP


SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM

Pengantar

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar  menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri  dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan.  Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan.  Di tingkat SD/MI diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi,  dan masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi  bekerja ilmiah secara bijaksana. 
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.
I. Standar Kompetensi
3. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
II.Kompetensi Dasar
         3.1    Mengidentifikasi jenis makanan hewan.
3.2    Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
III. Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif: Produk
1. Menyebutkan hewan dan jenis makanannya.
2. Mendeskripsikan hewan dan jenis makanannya.
Kognitif: Proses
1.      Menjodohkan gambar hewan dan jenis makanannya.
2.      Membuat kesimpulan berdasarkan gambar.
Psikomotor
  1. Melakukan pengamatan terhadap gambar hewan dan jenis makannya..
Afektif
1.      Melakukan komunikasi:menjawab pertanyaan, bertanya, dan berpendapat.
2.      Melakukan kerjasama.
IV.             Tujuan Pembelajaran
Pengetahuan: Produk
1.      Dengan tanpa membuka buku, siswa dapat menyebutkan hewan dan jenis makanannya. Dengan diberikan gambar hewan dan jenis makanannya siswa dapat mengetahui berbagai jenis hewan dan makannya.
      Pengetahuan: Proses
2.      Dengan diberikan gambar hewan dan jenis makannya maka siswa dapat menganalisis jenis hewan dan makannya.
3.      Dengan diberikan data hasil percobaan, siswa dapat membuat simpulan hubungan jenis cermin dengan  bayangan yang terbentuk sesuai dengan kunci jawaban.

Psikomotor
4.      Dengan diberikan berbagai gambar, siswa dapat membedakan berbagai jenis hewan dan makanannya..
Afektif
5.      Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat menjodohkan berbagai hewan dan jenis makanannya.dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat.
6.       Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok.                                       
V.          Pengalaman Belajar
Pengalaman belajar dalam pembelajaran IPA pada hakekatnya mencangkup berbagai kegiatan yang bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
2.      Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.      Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip  dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan,  teknologi, dan masyarakat
4.      Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
5.      Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
6.      Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7.    Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA





Langkah kegiatan pembelajaran IPA meliputi :
Guru memberi salam dan siswa menjawab salam, lalu berdoa secara bersama-sama. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa. Guru mengadakan apersepsi dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan siswa menjawab pertanyaan dari guru. Pertanyaan dari guru antara lain:
a)   Siapa diantara kalian yang di rumah memelihara hewan?
b)   Sebutkan hewan yang kalian pelihara di rumah.
c)   Apa makanan hewan yang kalian pelihara?
Guru menjelaskan materi pelajaran dan siswa mendengarkan penjelasan dari guru. Guru mendemonstrasikan macam-macam hewan dan jenis makannya menggunakan gambar. Siswa memperhatikan demonstrasi dari guru. Guru memberikan contoh dengan memilih salah satu hewan sesuai jenis makannya dan ditempelkan pada papan tulis. Guru menunjuk salah satu siswa untuk memilih salah satu hewan dan menjodohkan dengan jenis makannya, lalu ditempelkan pada papan tulis. Siswa yang ditunjuk oleh guru memilih salah satu temannya. Kegiatan ini berlangsung hingga gambar yang ada habis. Guru memberikan tugas dengan menuliskannya di papan tulis. Tugas dikerjakan oleh siswa di buku tulis masing-masing secara individu. Guru menunjuk siswa yang pada pembelajaran nomor 4 belum ditunjuknya. Siswa mengerjakannya di papan tulis. Siswa yang ditunjuk oleh guru, lalu memilih salah satu temannya yang belum ditunjuk pada pembelajaran nomor 4. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang. Siswa duduk sesuai kelompoknya.
Guru membagikan soal yang berupa kotak berisi materi. Setiap kelompok harus menjawab pertanyaan dan menuliskannya pada titik-titik yang ada, lalu mengarsir kata yang ada di kotak dengan pena berwarna (jika ada) juga memberi nomor kotak yang diarsir. Siswa yang telah selesai mengerjakan soal mengumpulkan hasil diskusinya kepada guru.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang. Siswa duduk sesuai kelompoknya.
Guru membagikan soal yang berupa kotak berisi materi. Setiap kelompok harus menjawab pertanyaan dan menuliskannya pada titik-titik yang ada, lalu mengarsir kata yang ada di kotak dengan pena berwarna (jika ada) juga memberi nomor kotak yang diarsir. Siswa yang telah selesai mengerjakan soal mengumpulkan hasil diskusinya kepada guru. Guru bersama siswa membahas jawaban dari soal tersebut secara bersama-sama. Perwakilan dari setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di papan tulis. Dengan bimbingan dari guru maka, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari ini. Guru memberikan PR yang berkaitan dengan materi.
VI.             Rincian Materi
1.      Bahan Pembelajaran dari buku siswa:
a.   Buku paket IPA Kelas 4 Semester 1 penerbit Yudhistira
b. Buku paket IPA Kelas 4 Semester 1 penerbit Departemen Pendidikkan Nasional.
2.      Sumber Belajar
1.      Gambar hewan dan jenis makannya
2.      Permainan word squre

VII.          Evaluasi
Pernilaian berbasis kelas dalam pembelajaran ini dapt dilakukan selama   proses dan akhir pembelajaran dengan menggunakan alat-alat penilaian sebagai berikut:
a.     Tertulis
Jenis penilaian ini diberikan secara individual kepada siswa. Hasil  pekerjaan siswa dapat dikoreksi langusng oleh siswa secara silang/saling menukar hasil pekerjaan dengan kunci jawaban yang telah disediakan.
b.    Kinerja
Penilaian kinerja ini dilakukan dengan LKS.
VIII.   Tindak Lanjut dan Pemberian Penghargaan
Tahap ini ditempuh untuk memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mencapai hasil sesuai dengan KKM dan menyelenggarakan perbaikan bagi siswa yang belum mencapai KKM. Dalam kegiatan pembelajaran kelompok, tahap ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi terhadap kelompok yang terbaik. Penetapan ini diumumkan pada pertemuan sebelum melaksankan rencana pembelajaran selanjutnya.
IX.       Sumber Belajar
S. Rositawaty, dkk. 2008. Senang Belajar IImu Pengetahuan Alam 4. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

LAMPIRAN :
1.  Petikan silabus terkait
2.  LKS dan rambu jawaban LKS
3.  Kisi-kisi Lembar Pertanyaan dan kunci/rambu jawaban Lembar Pertanyaan
4.  Buku Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas IV Penerbit Yudhistira
5.  Buku Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas IV Penerbit Departemen Pendidikan Nasional.
6.  RPP
7.  Power Point














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SD N Brengosan 2
Mata Pelajaran          :  IPA
Kelas / Semester        : IV/I
Pertemuan ke            :   1
Alokasi Waktu          :   2 X 35 menit
I. Standar Kompetensi
3. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
II.Kompetensi Dasar
          3.1    Mengidentifikasi jenis makanan hewan.
3.2  Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
III. Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif: Produk
a.    Menyebutkan hewan dan jenis makanannya.
b.    Mendeskripsikan hewan dan jenis makanannya.
Kognitif: Proses
c.    Menjodohkan gambar hewan dan jenis makanannya.
d.   Membuat kesimpulan berdasarkan gambar.
Psikomotor
e.    Melakukan pengamatan terhadap gambar hewan dan jenis makannya..
Afektif
f.     Melakukan komunikasi:menjawab pertanyaan, bertanya, dan berpendapat.
g.    Melakukan kerjasama.
IV.    Tujuan Pembelajaran
Pengetahuan: Produk
h.       Dengan tanpa membuka buku, siswa dapat menyebutkan hewan dan jenis makanannya. Dengan diberikan gambar hewan dan jenis makanannya siswa dapat mengetahui berbagai jenis hewan dan makannya.

      Pengetahuan: Proses
1.      Dengan diberikan gambar hewan dan jenis makannya maka siswa dapat menganalisis jenis hewan dan makannya.
2.      Dengan diberikan data hasil percobaan, siswa dapat membuat simpulan hubungan jenis cermin dengan  bayangan yang terbentuk sesuai dengan kunci jawaban.
Psikomotor
1.      Dengan diberikan berbagai gambar, siswa dapat membedakan berbagai jenis hewan dan makanannya..
Afektif
2.      Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat menjodohkan berbagai hewan dan jenis makanannya.dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat.
3.       Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok.                                                   
V.    Materi Pembelajaran
Jenis makanan hewan dan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.
VI. Metode Pembelajaran
      Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, picture and picture, pemberian tugas,   diskusi, word squre
VII. Skenario Pembelajaran
a. Kegiatan Awal ( 10 menit )
                                             1.         Guru memberi salam dan siswa menjawab salam, lalu    berdoa secara bersama-sama.
                                             2.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.
                                             3.         Guru mengadakan apersepsi dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan siswa menjawab pertanyaan dari guru. Pertanyaan dari guru antara lain:
1.      Siapa diantara kalian yang di rumah memelihara hewan?
2.      Sebutkan hewan yang kalian pelihara di rumah.
3.      Apa makanan hewan yang kalian pelihara?
b.Kegiatan Inti ( 50 menit )
                                             1.         Guru menjelaskan materi pelajaran dan siswa mendengarkan penjelasan dari guru.
                                             2.         Guru mendemonstrasikan macam-macam hewan dan jenis makannya menggunakan gambar. Siswa memperhatikan demonstrasi dari guru.
                                             3.         Guru memberikan contoh dengan memilih salah satu hewan sesuai jenis makannya dan ditempelkan pada papan tulis.
                                             4.       Guru menunjuk salah satu siswa untuk memilih salah satu hewan dan menjodohkan dengan jenis makannya, lalu ditempelkan pada papan tulis. Siswa yang ditunjuk oleh guru memilih salah satu temannya. Kegiatan ini berlangsung hingga gambar yang ada habis.
                                             5.       Guru memberikan tugas dengan menuliskannya di papan tulis. Tugas dikerjakan oleh siswa di buku tulis masing-masing secara individu.
                                             6.       Guru menunjuk siswa yang pada pembelajaran nomor 4 belum ditunjuknya. Siswa mengerjakannya di papan tulis. Siswa yang ditunjuk oleh guru, lalu memilih salah satu temannya yang belum ditunjuk pada pembelajaran nomor 4.
                                             7.       Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang. Siswa duduk sesuai kelompoknya.
                                             8.         Guru membagikan soal yang berupa kotak berisi materi. Setiap kelompok harus menjawab pertanyaan dan menuliskannya pada titik-titik yang ada, lalu mengarsir kata yang ada di kotak dengan pena berwarna (jika ada) juga memberi nomor kotak yang diarsir.
                                             9.        Siswa yang telah selesai mengerjakan soal mengumpulkan hasil diskusinya kepada guru.
                                           10.       Guru bersama siswa membahas jawaban dari soal tersebut secara bersama-sama. Perwakilan dari setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di papan tulis.
c. Kegiatan Akhir ( 10 menit )
                                                                     1.         Dengan bimbingan dari guru maka, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari ini.
                                                                       2.         Guru memberikan PR yang berkaitan dengan materi.
                                                                       3.         Pelajaran diakhiri dengan mengucapkan salam.
VIII. Alat dan Bahan
         Buku paket Yudhistira kelas 4 semester 1, buku BSE judul Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4 penerbit Departemen Pendidikan Nasional. gambar hewan dan jenis makanannya,
IX.   Penilaian
         Tes dengan mengerjakan soal
Nontes dengan keaktifan siswa, sikap dan minat siswa terhadap materi pelajaran.



SILABUS

Sekolah                     :  SD N Brengosan 2
Kelas                         :  VI (empat)
Semester                   :  1 (satu)
Mata Pelajaran           :  Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi    : 3. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
3.1Mengidentifikasi jenis makanan hewan.
3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
Jenis hewan dean makanannya
-   Tanya jawab tentang  jenis hewan dan makannya

-   Diskusi tentang nama-nama hewan dan jenis makanannya



-   Menyebutkan nama-nama hewan.
-   Menjelaskan berbagai hewan dan jenis makanannya.

Tertulis, unjuk kerja

Tertulis







Uraian


Demonstrasi








-  Apa yang dimaksud dengan hewan herbivora, karnivora dan omnivora?
-  Sebutkan contoh hewan yang termasuk hewan herbivora, karnivora dan omnivora !





2jpx35menitit
Buku IPA Kelas 6
Erlangga
Hal 159-175

CD Interaktif “JELAJAH ANTARIKSA”

Gambar susunan tata surya



HEWAN DAN JENIS MAKANANNYA

A.           Sumber-Sumber Makanan
Makanan hewan bersumber dari tumbuhan dan
beberapa jenis hewan. Perbedaan jenis makanan
pada hewan menyebabkan ada penggolongan
hewan. Berikut ini adalah sumber-sumber makanan
hewan.
1. Sumber Makanan dari
Tumbuhan
Tumbuhan merupakan sumber makanan
yang sangat penting untuk hewan. Tanpa ada
tumbuhan, hewan apa pun tidak dapat hidup,
baik secara langsung maupun tidak langsung.
Bagian-bagian tumbuhan yang menjadi makanan
bagi hewan, antara lain, daun, buah, bunga,
batang, umbi, dan akar.
Namun, setiap hewan pemakan tumbuhan
hanya memakan satu bagian tumbuhan atau
beberapa bagian tumbuhan. Perhatikan gambar
Kambing hanya memakan dedaunan.
Ada pun monyet memakan buah-buahan dan
kadang-kadang daun-daunan. Sementara itu,
panda me makan pucuk bambu. Dapatkah kamu
menyebutkan hewan-hewan lain yang memakan
batang, umbi, atau akar tumbuhan.
 
2. Sumber Makanan dari Hewan
Beberapa jenis hewan merupakan sumber maka nan
bagi hewan lainnya. Biasanya, hewan yang
menjadi sumber makanan bagi hewan lain adalah
hewan pemakan tumbuhan. Akan tetapi, ada
juga hewan pemakan daging yang dimakan oleh
pemakan daging lainnya.
Coba amati Gambar 3.2.
Dapatkah kamu menyebutkan jenis hewan dan
jenis makanannya pada gambar tersebut?
 
Dari gambar 3.2, beberapa jenis hewan
memakan daging hewan lain. Namun, beberapa
jenis hewan memakan telur unggas sebagai
makanannya.
B.            PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN MAKANAN
Hewan setiap hari makan. Makanan hewan-hewan ter sebut ada yang
berasal dari tumbuhan dan ada yang berasal dari
hewan. Makanan yang berasal dari tumbuhan, di
antaranya rumput, buah- buahan dan biji-bijian.
Adapun, makanan yang berasal dari hewan, di
antaranya daging.
Berdasarkan jenis makanannya tersebut,
hewan-hewan dapat dikelompokkan ke dalam
beberapa golongan. Penggolongan tersebut,
an tara lain, herbivor (pemakan tum buhan),
karni vor (pemakan daging), dan omni vor (pemakan
tumbuhan dan daging).

1. Hewan Pemakan Tum buhan
(Herbivor)
Makanan kambing bersumber dari
tum buhan. Seperti telah dijelaskan pada uraian
sebelumnya, beberapa bagian dari tumbuhan
dimanfaatkan oleh hewan sebagai makanan.
Hewan yang memakan tumbuhan disebut
herbivor. Hewan-hewan
herbivor memiliki ciri khusus. Ciri ini menandakan
jenis makanan yang dimakannya. Hewan-hewan
herbivor memiliki ciri pada susunan giginya,
seperti pada Gambar 3.3
Selain herbivor yang hidup di darat seperti
kambing, kuda, dan gajah, ada pula burung yang
tergolong herbivor. Burung pemakan tum buhan
ini memiliki ciri khusus, terutama pada bentuk
paruhnya. Contohnya adalah burung pipit pemakan
biji dan burung kolibri pengisap sari bunga.
2. Hewan Pemakan Daging
(Karnivor)
Hewan pemakan daging (karnivor) merupakan
hewan yang mencari makan dengan cara ber buru
hewan lain. Untuk berburu dan mencari mangsa, hewan karnivor biasanya memiliki senjata.
Perhatikan Gambar 3.5. Senjata itu dapat berupa
gigi-gigi yang tajam. Di samping itu, ada juga
hewan karnivor yang memiliki senjata cakar yang
tajam. Hewan karnivor banyak sekali jenisnya. Selain
karnivor yang hidup di darat, ada pula karnivor
yang dapat terbang dan karnivor yang hidup di
air. Karnivor yang hidup
di darat contohnya singa. Sementara itu, karnivor
yang dapat terbang contoh nya burung hantu dan
karnivor yang hidup di air contohnya hiu.
Karnivor yang hidup di darat, memiliki ciri
yang menunjang untuk berburu mangsanya dan
memakan daging. Cirinya, yaitu memiliki gigi
taring yang tajam dan cakar yang
tajam, kemam puan lari yang cepat. Karnivor
yang dapat terbang, biasanya, memiliki cakar
yang kuat dan tajam, paruh yang melengkung
dan tajam, serta peng lihatan yang tajam.
Karnivor yang hidup di air memiliki ciri gigi yang
tajam dan kemampuan berenang yang sangat
cepat. Pada dasarnya, hewan pemakan serangga
(insektivor) termasuk karni vor. Hal tersebut dikarenakan
hewan insektivor memakan hewan lain,
yaitu serangga. Contoh hewan insektivor, antara
lain, kadal, katak, dan beberapa jenis burung.
3. Hewan Pemakan Tumbuhan
dan Daging (Omnivor)
Hewan pemakan tumbuhan dan daging (omnivor)
terkadang disebut juga sebagai hewan
pemakan segala. Hewan omnivor tidak memiliki
ciri khusus yang menunjang untuk jenis
makanannya. Contoh hewan omnivor ialah tikus
dan babi.
Hewan-hewan tersebut dapat me makan
tumbu han dan hewan, karena hewan omni vor
memiliki organ pencernaan yang dapat digunakan
untuk memakan makanan yang bersumber
dari tumbuhan dan hewan.

LEMBAR KERJA SISWA 1

Siswa harus memilih salah satu gambar hewan dan memilih jenis makanannya. Hewan dan jenis makanan yang ada antara lain :






Jawaban Lembar Kerja Siswa 1

 dimakan

 dimakan

 dimakan

 dimakan




















LEMBAR KERJA SISWA  2

Tulislah nama-nama hewan yang termasuk herbivora ( pemakan tumbuhan ) dalam tabel berikut :

Hewan pemakan rumput
Hewan pemakan biji-bijian
Hewan pemakan buah-buahan

































Jawaban Lembar Kerja Siswa 2
Tulislah nama-nama hewan yang termasuk herbivora ( pemakan tumbuhan ) dalam tabel berikut :

Hewan pemakan rumput
Hewan pemakan biji-bijian
Hewan pemakan buah-buahan
Kambing
Burung beo
Tupai
Sapi
Burung merpati

Domba
Burung pipit

Unta
Burung cenderawasih

Kelinci






















LEMBAR KERJA SISWA 3
Jawablah soal di bawah ini berdasarkan jawaban yang ada di kotak, kemudian beri nomor pada kotak jawaban dan diarsir menggunakan pena berwarna (jika ada) ! Nomor 1 merupakan contoh.
SOAL
1.      Hewan pemakan segala disebut omnivora
2.      Hewan pemakan daging disebut ………
3.      Salah satu hewan pemakan rumput yang hidup di gurun pasir adalah …..
4.      Salah satu hewan pemakan rumput yang mempunyai tanduk panjang adalah …..
5.      Alat untuk mengunyah makanan adalah …..
6.      Salah satu hewan pemakan daging yang termasuk binatang buas adalah ….
7.      Salah satu hewan pemakan daging yang berbentuk panjang dan tidak berkaki yang termasuk reptil adalah ….
8.      Hewan yang disebut raja hutan dan pemakan daging adalah…………
9.      Makanan kambing adalah……..
10.  Salah satu hewan pemakan tumbuhan yang berbulu lebat adalah…
11.  Salah satu hewan ternak  pemakan tumbuhan yang lebih besar dari kambing adalah…….
12.  Salah satu hewan pemakan dagng yang berkaki 4 yang hidup di darat dan di air termasuk reptil adalah………..
13.  Salah satu pemakan daging yang hidup di air dan termasuk ikan adalah……..
14.  Nama lain dari hewan atau binatang adalah……….
15.  Gigi yang berguna untuk menggigit dan memotong makanan adalah………



KOTAK JAWABAN
C
O
K
U
R
J
G
H
I
H
U
M
A
N
U
S
I
A
L
I
L
N
R
T
S
I
G
R
Q
R
A
I
N
A
A
N
I
I
A
U
R
V
I
M
T
G
Z
M
D
M
S
O
V
B
U
A
K
A
O
P
A
R
O
W
X
H
L
U
M
U
P
A
R
F
A
U
M
A
B
T
I
Y
A
S
E
R
I
D
A
E





















Jawaban Lembar Kerja Siswa 3

1.      Hewan pemakan segala disebut omnivora
2.      Hewan pemakan daging disebut karnivora
3.      Salah satu hewan pemakan rumput yang hidup di gurun pasir adalah unta
4.      Salah satu hewan pemakan rumput yang mempunyai tanduk panjang adalah rusa
5.      Alat untuk mengunyah makanan adalah gigi
6.      Salah satu hewan pemakan daging yang termasuk binatang buas adalah harimau
7.      Salah satu hewan pemakan daging yang berbentuk panjang dan tidak berkaki yang termasuk reptil adalah ular
8.      Hewan yang disebut raja hutan dan pemakan daging adalah singa
9.      Makanan kambing adalah rumput
10.  Salah satu hewan pemakan tumbuhan yang berbulu lebat adalah domba
11.  Salah satu hewan ternak  pemakan tumbuhan yang lebih besar dari kambing adalah sapi
12.  Salah satu hewan pemakan daging yang berkaki 4 yang hidup di darat dan di air termasuk reptil adalah buaya
13.  Salah satu pemakan daging yang hidup di air dan termasuk ikan adalah hiu
14.  Nama lain dari hewan atau binatang adalah fauna
15.  Gigi yang berguna untuk menggigit dan memotong makanan adalah seri






KOTAK JAWABAN
C
O
K
U
R
J
G
H
I
H
U
M
A
N
U
S
I
A
L
I
L
N
R
T
S
I
G
R
Q
R
A
I
N
A
A
N
I
I
A
U
R
V
I
M
T
G
Z
M
D
M
S
O
V
B
U
A
Y
A
O
P
A
R
O
W
X
H
I
U
M
U
P
A
R
F
A
U
N
A
B
T
I
Y
A
S
E
R
I
D
A
E





















KISI-KISI LEMBAR PENILIAN

INDIKATOR
BUTIR SOAL
KUNCI JAWABAN
1.           Jenis hewan dan makanannya
A : 1, 2, 3, 4, 5
B : 1, 2, 3, 4, 5
C: 1, 2, 3, 4, 5
D: 1, 2, 3, 4, 5
Lihat kunci lembar penilaian


EVALUASI

1.  Berikut ini bahan makanan yang bersumber dari hewan ialah ....
     a. buah     c. daun
     b. daging d. batang

2. Contoh hewan yang memakan pucuk bambu ialah………..
    a. kambing  c. kuda
    b. monyet    d. panda

3. Hewan-hewan pemakan tumbuhan
   disebut juga ....
   a. herbivor c. omnivor
   b. karnivor d. insektivor

4. Omnivor merupakan jenis hewan
   pemakan ....
   a. serangga
   b. tumbuhan dan hewan
   c. tumbuhan
   d. hewan
5. Salah satu contoh burung pemakan
    biji ialah burung....
    a. burung kolibri
    b. burung gagak
    c. burung pipit
    d. bangau





KUNCI JAWABAN
1. B
2. D
3. A
4.B
5. C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar