SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Pengantar
Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara
sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang
berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga
merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi
peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek
pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.
Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk
mengembangkan kompetensi agar
menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA
diarahkan untuk inkuiri dan berbuat
sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih
mendalam tentang alam sekitar.
IPA diperlukan dalam kehidupan
sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah
yang dapat diidentifikasikan. Penerapan
IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap
lingkungan. Di tingkat SD/MI diharapkan
ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat) yang diarahkan pada
pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan
konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah
secara bijaksana.
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan
secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry)
untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta
mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu
pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara
langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap
ilmiah.
I. Standar Kompetensi
3.
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
II.Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan.
3.2 Menggolongkan hewan
berdasarkan jenis makanannya
III. Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif: Produk
1. Menyebutkan hewan dan jenis makanannya.
2. Mendeskripsikan hewan dan jenis makanannya.
Kognitif: Proses
1.
Menjodohkan
gambar hewan dan jenis makanannya.
2.
Membuat
kesimpulan berdasarkan gambar.
Psikomotor
- Melakukan pengamatan terhadap gambar hewan dan jenis makannya..
Afektif
1.
Melakukan komunikasi:menjawab pertanyaan, bertanya, dan
berpendapat.
2.
Melakukan kerjasama.
IV.
Tujuan Pembelajaran
Pengetahuan: Produk
1. Dengan tanpa membuka
buku, siswa dapat menyebutkan hewan dan jenis makanannya. Dengan diberikan gambar hewan dan jenis makanannya siswa dapat
mengetahui berbagai jenis hewan dan makannya.
Pengetahuan: Proses
2.
Dengan diberikan gambar hewan dan jenis makannya maka siswa
dapat menganalisis jenis hewan dan makannya.
3.
Dengan diberikan data hasil percobaan, siswa dapat membuat
simpulan hubungan jenis cermin dengan
bayangan yang terbentuk sesuai dengan kunci jawaban.
Psikomotor
4.
Dengan diberikan
berbagai gambar, siswa dapat membedakan
berbagai jenis hewan dan makanannya..
Afektif
5.
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat
menjodohkan berbagai hewan dan jenis makanannya.dengan benar dan santun yang meliputi presentasi,
bertanya, dan berpendapat.
6.
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat
melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok.
V.
Pengalaman Belajar
Pengalaman
belajar dalam pembelajaran IPA pada hakekatnya mencangkup berbagai kegiatan
yang bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memperoleh keyakinan terhadap
kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan
alam ciptaan-Nya
2. Mengembangkan pengetahuan dan
pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari
3. Mengembangkan rasa ingin tahu,
sikap positip dan kesadaran tentang
adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4. Mengembangkan keterampilan
proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
5. Meningkatkan kesadaran untuk
berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
6. Meningkatkan kesadaran untuk
menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7. Memperoleh bekal pengetahuan,
konsep dan keterampilan IPA
Langkah
kegiatan pembelajaran IPA meliputi :
Guru memberi salam dan siswa menjawab
salam, lalu berdoa secara bersama-sama. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
kepada siswa. Guru mengadakan apersepsi dengan mengajukan beberapa pertanyaan
dan siswa menjawab pertanyaan dari guru. Pertanyaan dari guru antara lain:
a)
Siapa diantara kalian yang di rumah memelihara hewan?
b)
Sebutkan hewan yang kalian pelihara di rumah.
c)
Apa makanan hewan yang kalian pelihara?
Guru menjelaskan materi
pelajaran dan siswa mendengarkan penjelasan dari guru. Guru mendemonstrasikan
macam-macam hewan dan jenis makannya menggunakan gambar. Siswa memperhatikan
demonstrasi dari guru. Guru memberikan contoh dengan memilih salah satu hewan
sesuai jenis makannya dan ditempelkan pada papan tulis. Guru menunjuk salah
satu siswa untuk memilih salah satu hewan dan menjodohkan dengan jenis
makannya, lalu ditempelkan pada papan tulis. Siswa yang ditunjuk oleh guru
memilih salah satu temannya. Kegiatan ini berlangsung hingga gambar yang ada
habis. Guru memberikan tugas dengan menuliskannya di papan tulis. Tugas
dikerjakan oleh siswa di buku tulis masing-masing secara individu. Guru
menunjuk siswa yang pada pembelajaran nomor 4 belum ditunjuknya. Siswa mengerjakannya
di papan tulis. Siswa yang ditunjuk oleh guru, lalu memilih salah satu temannya
yang belum ditunjuk pada pembelajaran nomor 4. Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang. Siswa duduk sesuai
kelompoknya.
Guru membagikan soal yang berupa
kotak berisi materi. Setiap kelompok harus menjawab pertanyaan dan
menuliskannya pada titik-titik yang ada, lalu mengarsir kata yang ada di kotak
dengan pena berwarna (jika ada) juga memberi nomor kotak yang diarsir. Siswa yang
telah selesai mengerjakan soal mengumpulkan hasil diskusinya kepada guru.
Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang. Siswa duduk sesuai
kelompoknya.
Guru membagikan soal yang berupa kotak
berisi materi. Setiap kelompok harus menjawab pertanyaan dan menuliskannya pada
titik-titik yang ada, lalu mengarsir kata yang ada di kotak dengan pena
berwarna (jika ada) juga memberi nomor kotak yang diarsir. Siswa yang telah
selesai mengerjakan soal mengumpulkan hasil diskusinya kepada guru. Guru
bersama siswa membahas jawaban dari soal tersebut secara bersama-sama.
Perwakilan dari setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di papan tulis. Dengan
bimbingan dari guru maka, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari
ini. Guru memberikan PR yang berkaitan dengan materi.
VI.
Rincian Materi
1.
Bahan Pembelajaran
dari buku siswa:
a. Buku paket
IPA Kelas 4 Semester 1 penerbit Yudhistira
b. Buku paket IPA Kelas 4 Semester 1 penerbit
Departemen Pendidikkan Nasional.
2.
Sumber Belajar
1.
Gambar hewan dan jenis
makannya
2.
Permainan word squre
VII.
Evaluasi
Pernilaian berbasis kelas dalam pembelajaran
ini dapt dilakukan selama proses dan
akhir pembelajaran dengan menggunakan alat-alat penilaian sebagai berikut:
a.
Tertulis
Jenis penilaian ini diberikan secara individual
kepada siswa. Hasil pekerjaan siswa
dapat dikoreksi langusng oleh siswa secara silang/saling menukar hasil
pekerjaan dengan kunci jawaban yang telah disediakan.
b.
Kinerja
Penilaian
kinerja ini dilakukan dengan LKS.
VIII. Tindak Lanjut dan Pemberian
Penghargaan
Tahap ini ditempuh
untuk memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mencapai hasil sesuai
dengan KKM dan menyelenggarakan perbaikan bagi siswa yang belum mencapai KKM.
Dalam kegiatan pembelajaran kelompok, tahap ini dimaksudkan untuk memberikan
apresiasi terhadap kelompok yang terbaik. Penetapan ini diumumkan pada
pertemuan sebelum melaksankan rencana pembelajaran selanjutnya.
IX.
Sumber Belajar
S.
Rositawaty, dkk. 2008. Senang Belajar IImu Pengetahuan Alam 4. Jakarta. Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
LAMPIRAN :
1. Petikan silabus terkait
2. LKS dan rambu jawaban LKS
3. Kisi-kisi Lembar Pertanyaan
dan kunci/rambu jawaban Lembar Pertanyaan
4. Buku Sains Untuk Sekolah Dasar
Kelas IV Penerbit Yudhistira
5. Buku Sains Untuk Sekolah Dasar
Kelas IV Penerbit Departemen Pendidikan Nasional.
6. RPP
7.
Power Point
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N Brengosan 2
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : IV/I
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
I. Standar Kompetensi
3.
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
II.Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan.
3.2 Menggolongkan hewan
berdasarkan jenis makanannya
III. Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif: Produk
a. Menyebutkan hewan dan jenis makanannya.
b. Mendeskripsikan hewan dan jenis makanannya.
Kognitif: Proses
c.
Menjodohkan
gambar hewan dan jenis makanannya.
d. Membuat kesimpulan berdasarkan gambar.
Psikomotor
e. Melakukan pengamatan terhadap gambar hewan dan jenis
makannya..
Afektif
f. Melakukan
komunikasi:menjawab pertanyaan, bertanya, dan berpendapat.
g. Melakukan kerjasama.
IV.
Tujuan Pembelajaran
Pengetahuan: Produk
h. Dengan tanpa membuka buku, siswa
dapat menyebutkan hewan dan jenis makanannya. Dengan diberikan gambar hewan dan jenis makanannya siswa dapat
mengetahui berbagai jenis hewan dan makannya.
Pengetahuan: Proses
1.
Dengan diberikan gambar hewan dan jenis makannya maka siswa
dapat menganalisis jenis hewan dan makannya.
2.
Dengan diberikan data hasil percobaan, siswa dapat membuat
simpulan hubungan jenis cermin dengan
bayangan yang terbentuk sesuai dengan kunci jawaban.
Psikomotor
1.
Dengan diberikan
berbagai gambar, siswa dapat membedakan
berbagai jenis hewan dan makanannya..
Afektif
2.
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat
menjodohkan berbagai hewan dan jenis makanannya.dengan benar dan santun yang meliputi presentasi,
bertanya, dan berpendapat.
3.
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat
melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok.
V.
Materi Pembelajaran
Jenis makanan hewan dan penggolongan hewan berdasarkan
jenis makanannya.
VI. Metode
Pembelajaran
Ceramah,
tanya jawab, demonstrasi, picture and picture, pemberian tugas, diskusi, word squre
VII.
Skenario
Pembelajaran
a. Kegiatan
Awal ( 10 menit )
1.
Guru memberi salam dan siswa menjawab salam, lalu berdoa secara bersama-sama.
2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.
3.
Guru mengadakan apersepsi dengan mengajukan beberapa
pertanyaan dan siswa menjawab pertanyaan dari guru. Pertanyaan dari guru antara
lain:
1.
Siapa diantara kalian yang di rumah memelihara hewan?
2.
Sebutkan hewan yang kalian pelihara di rumah.
3.
Apa makanan hewan yang kalian pelihara?
b.Kegiatan Inti ( 50 menit )
1.
Guru menjelaskan materi pelajaran dan siswa
mendengarkan penjelasan dari guru.
2.
Guru mendemonstrasikan macam-macam hewan dan jenis
makannya menggunakan gambar. Siswa memperhatikan demonstrasi dari guru.
3.
Guru memberikan contoh dengan memilih salah satu hewan
sesuai jenis makannya dan ditempelkan pada papan tulis.
4.
Guru menunjuk
salah satu siswa untuk memilih salah satu hewan dan menjodohkan dengan jenis
makannya, lalu ditempelkan pada papan tulis. Siswa yang ditunjuk oleh guru
memilih salah satu temannya. Kegiatan ini berlangsung hingga gambar yang ada
habis.
5.
Guru memberikan
tugas dengan menuliskannya di papan tulis. Tugas dikerjakan oleh siswa di buku
tulis masing-masing secara individu.
6.
Guru menunjuk
siswa yang pada pembelajaran nomor 4 belum ditunjuknya. Siswa mengerjakannya di
papan tulis. Siswa yang ditunjuk oleh guru, lalu memilih salah satu temannya
yang belum ditunjuk pada pembelajaran nomor 4.
7.
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang. Siswa
duduk sesuai kelompoknya.
8.
Guru membagikan soal yang berupa kotak berisi materi.
Setiap kelompok harus menjawab pertanyaan dan menuliskannya pada titik-titik
yang ada, lalu mengarsir kata yang ada di kotak dengan pena berwarna (jika ada)
juga memberi nomor kotak yang diarsir.
9.
Siswa yang
telah selesai mengerjakan soal mengumpulkan hasil diskusinya kepada guru.
10.
Guru bersama siswa membahas jawaban dari soal tersebut
secara bersama-sama. Perwakilan dari setiap kelompok menuliskan hasil diskusi
di papan tulis.
c. Kegiatan
Akhir ( 10 menit )
1.
Dengan bimbingan dari guru maka, siswa menyimpulkan
materi yang telah dipelajari hari ini.
2.
Guru memberikan PR yang berkaitan dengan materi.
3.
Pelajaran diakhiri dengan mengucapkan salam.
VIII.
Alat dan Bahan
Buku paket Yudhistira kelas 4 semester
1, buku BSE judul Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4 penerbit Departemen
Pendidikan Nasional. gambar hewan dan jenis makanannya,
IX. Penilaian
Tes dengan mengerjakan soal
Nontes
dengan keaktifan siswa, sikap dan minat siswa terhadap materi pelajaran.
SILABUS
Sekolah
: SD N Brengosan 2
Kelas
: VI (empat)
Semester
: 1 (satu)
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Standar
Kompetensi : 3. Menggolongkan hewan
berdasarkan jenis makanannya
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
|
PENGALAMAN BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
3.1Mengidentifikasi
jenis makanan hewan.
3.2
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
|
Jenis hewan dean makanannya
|
-
Tanya jawab tentang jenis hewan
dan makannya
-
Diskusi tentang nama-nama hewan dan jenis makanannya
|
- Menyebutkan nama-nama hewan.
- Menjelaskan berbagai hewan dan jenis makanannya.
|
Tertulis, unjuk kerja
Tertulis
|
Uraian
Demonstrasi
|
-
Apa yang dimaksud dengan hewan herbivora, karnivora dan omnivora?
-
Sebutkan contoh hewan yang termasuk hewan herbivora, karnivora dan
omnivora !
|
2jpx35menitit
|
Buku IPA Kelas 6
Erlangga
Hal 159-175
CD Interaktif “JELAJAH ANTARIKSA”
Gambar susunan tata surya
|
HEWAN DAN JENIS MAKANANNYA
A.
Sumber-Sumber
Makanan
Makanan
hewan bersumber dari tumbuhan dan
beberapa
jenis hewan. Perbedaan jenis makanan
pada
hewan menyebabkan ada penggolongan
hewan.
Berikut ini adalah sumber-sumber makanan
hewan.
1.
Sumber Makanan dari
Tumbuhan
Tumbuhan merupakan sumber makanan
yang
sangat penting untuk hewan. Tanpa ada
tumbuhan,
hewan apa pun tidak dapat hidup,
baik
secara langsung maupun tidak langsung.
Bagian-bagian
tumbuhan yang menjadi makanan
bagi
hewan, antara lain, daun, buah, bunga,
batang,
umbi, dan akar.
Namun,
setiap hewan pemakan tumbuhan
hanya
memakan satu bagian tumbuhan atau
beberapa
bagian tumbuhan. Perhatikan gambar
Kambing
hanya memakan dedaunan.
Ada
pun monyet memakan buah-buahan dan
kadang-kadang
daun-daunan. Sementara itu,
panda
me makan pucuk bambu. Dapatkah kamu
menyebutkan
hewan-hewan lain yang memakan
batang,
umbi, atau akar tumbuhan.
2.
Sumber Makanan dari Hewan
Beberapa
jenis hewan merupakan sumber maka nan
bagi
hewan lainnya. Biasanya, hewan yang
menjadi
sumber makanan bagi hewan lain adalah
hewan
pemakan tumbuhan. Akan tetapi, ada
juga
hewan pemakan daging yang dimakan oleh
pemakan
daging lainnya.
Coba
amati Gambar 3.2.
Dapatkah
kamu menyebutkan jenis hewan dan
jenis
makanannya pada gambar tersebut?
Dari gambar 3.2, beberapa jenis hewan
memakan
daging hewan lain. Namun, beberapa
jenis
hewan memakan telur unggas sebagai
makanannya.
B.
PENGGOLONGAN
HEWAN BERDASARKAN MAKANAN
Hewan setiap hari makan.
Makanan
hewan-hewan ter sebut ada yang
berasal
dari tumbuhan dan ada yang berasal dari
hewan.
Makanan yang berasal dari tumbuhan, di
antaranya
rumput, buah- buahan dan biji-bijian.
Adapun,
makanan yang berasal dari hewan, di
antaranya
daging.
Berdasarkan
jenis makanannya tersebut,
hewan-hewan
dapat dikelompokkan ke dalam
beberapa
golongan. Penggolongan tersebut,
an
tara lain, herbivor (pemakan tum buhan),
karni vor (pemakan daging), dan omni vor (pemakan
tumbuhan
dan daging).
1.
Hewan Pemakan Tum buhan
(Herbivor)
Makanan kambing bersumber dari
tum
buhan. Seperti telah dijelaskan pada uraian
sebelumnya,
beberapa bagian dari tumbuhan
dimanfaatkan
oleh hewan sebagai makanan.
Hewan
yang memakan tumbuhan disebut
herbivor. Hewan-hewan
herbivor memiliki ciri khusus. Ciri ini menandakan
jenis makanan yang dimakannya. Hewan-hewan
herbivor memiliki ciri pada susunan giginya,
seperti pada Gambar 3.3
Selain herbivor yang hidup di darat seperti
kambing,
kuda, dan gajah, ada pula burung yang
tergolong
herbivor. Burung pemakan tum buhan
ini
memiliki ciri khusus, terutama pada bentuk
paruhnya.
Contohnya adalah burung pipit pemakan
biji
dan burung kolibri pengisap sari bunga.
2.
Hewan Pemakan Daging
(Karnivor)
Hewan
pemakan daging (karnivor) merupakan
hewan
yang mencari makan dengan cara ber buru
hewan
lain. Untuk berburu dan mencari mangsa,
hewan
karnivor biasanya memiliki senjata.
Perhatikan
Gambar 3.5. Senjata itu dapat berupa
gigi-gigi
yang tajam. Di samping itu, ada juga
hewan
karnivor yang memiliki senjata cakar yang
tajam. Hewan karnivor banyak sekali jenisnya. Selain
karnivor
yang hidup di darat, ada pula karnivor
yang
dapat terbang dan karnivor yang hidup di
air. Karnivor yang hidup
di
darat contohnya singa. Sementara itu, karnivor
yang
dapat terbang contoh nya burung hantu dan
karnivor
yang hidup di air contohnya hiu.
Karnivor yang hidup di darat, memiliki ciri
yang
menunjang untuk berburu mangsanya dan
memakan
daging. Cirinya, yaitu memiliki gigi
taring
yang tajam dan cakar yang
tajam,
kemam puan lari yang cepat. Karnivor
yang
dapat terbang, biasanya, memiliki cakar
yang
kuat dan tajam, paruh yang melengkung
dan tajam,
serta peng lihatan yang tajam.
Karnivor yang hidup di air memiliki ciri gigi yang
tajam
dan kemampuan berenang yang sangat
cepat. Pada dasarnya, hewan pemakan serangga
(insektivor)
termasuk karni vor. Hal tersebut dikarenakan
hewan
insektivor memakan hewan lain,
yaitu
serangga. Contoh hewan insektivor, antara
lain, kadal,
katak, dan beberapa jenis burung.
3.
Hewan Pemakan Tumbuhan
dan Daging (Omnivor)
Hewan
pemakan tumbuhan dan daging (omnivor)
terkadang
disebut juga sebagai hewan
pemakan
segala. Hewan omnivor tidak memiliki
ciri
khusus yang menunjang untuk jenis
makanannya.
Contoh hewan omnivor ialah tikus
dan
babi.
Hewan-hewan
tersebut dapat me makan
tumbu
han dan hewan, karena hewan omni vor
memiliki
organ pencernaan yang dapat digunakan
untuk
memakan makanan yang bersumber
dari
tumbuhan dan hewan.
LEMBAR KERJA SISWA 1
Siswa harus memilih
salah satu gambar hewan dan memilih jenis makanannya. Hewan dan jenis makanan
yang ada antara lain :
Jawaban Lembar Kerja Siswa 1
dimakan
dimakan
dimakan
dimakan
LEMBAR KERJA SISWA 2
Tulislah
nama-nama hewan yang termasuk herbivora ( pemakan tumbuhan ) dalam tabel
berikut :
Hewan pemakan
rumput
|
Hewan pemakan
biji-bijian
|
Hewan pemakan
buah-buahan
|
Jawaban Lembar Kerja
Siswa 2
Tulislah
nama-nama hewan yang termasuk herbivora ( pemakan tumbuhan ) dalam tabel
berikut :
Hewan pemakan
rumput
|
Hewan pemakan
biji-bijian
|
Hewan pemakan
buah-buahan
|
Kambing
|
Burung beo
|
Tupai
|
Sapi
|
Burung merpati
|
|
Domba
|
Burung pipit
|
|
Unta
|
Burung
cenderawasih
|
|
Kelinci
|
LEMBAR KERJA SISWA 3
Jawablah soal di
bawah ini berdasarkan jawaban yang ada di kotak, kemudian beri nomor pada kotak
jawaban dan diarsir menggunakan pena berwarna (jika ada) ! Nomor 1 merupakan
contoh.
SOAL
1.
Hewan pemakan segala disebut omnivora
2.
Hewan pemakan daging disebut ………
3.
Salah satu hewan pemakan rumput yang hidup di gurun
pasir adalah …..
4.
Salah satu hewan pemakan rumput yang mempunyai tanduk
panjang adalah …..
5.
Alat untuk mengunyah makanan adalah …..
6.
Salah satu hewan pemakan daging yang termasuk binatang
buas adalah ….
7.
Salah satu hewan pemakan daging yang berbentuk panjang
dan tidak berkaki yang termasuk reptil adalah ….
8.
Hewan yang disebut raja hutan dan pemakan daging adalah…………
9.
Makanan kambing adalah……..
10. Salah
satu hewan pemakan tumbuhan yang berbulu lebat adalah…
11. Salah
satu hewan ternak pemakan tumbuhan yang
lebih besar dari kambing adalah…….
12. Salah
satu hewan pemakan dagng yang berkaki 4 yang hidup di darat dan di air termasuk
reptil adalah………..
13. Salah
satu pemakan daging yang hidup di air dan termasuk ikan adalah……..
14. Nama
lain dari hewan atau binatang adalah……….
15. Gigi
yang berguna untuk menggigit dan memotong makanan adalah………
KOTAK JAWABAN
C
|
O
|
K
|
U
|
R
|
J
|
G
|
H
|
I
|
H
|
U
|
M
|
A
|
N
|
U
|
S
|
I
|
A
|
L
|
I
|
L
|
N
|
R
|
T
|
S
|
I
|
G
|
R
|
Q
|
R
|
A
|
I
|
N
|
A
|
A
|
N
|
I
|
I
|
A
|
U
|
R
|
V
|
I
|
M
|
T
|
G
|
Z
|
M
|
D
|
M
|
S
|
O
|
V
|
B
|
U
|
A
|
K
|
A
|
O
|
P
|
A
|
R
|
O
|
W
|
X
|
H
|
L
|
U
|
M
|
U
|
P
|
A
|
R
|
F
|
A
|
U
|
M
|
A
|
B
|
T
|
I
|
Y
|
A
|
S
|
E
|
R
|
I
|
D
|
A
|
E
|
Jawaban Lembar Kerja Siswa 3
1.
Hewan pemakan segala disebut omnivora
2.
Hewan pemakan daging disebut karnivora
3.
Salah satu hewan pemakan rumput yang hidup di gurun
pasir adalah unta
4.
Salah satu hewan pemakan rumput yang mempunyai tanduk
panjang adalah rusa
5.
Alat untuk mengunyah makanan adalah gigi
6.
Salah satu hewan pemakan daging yang termasuk binatang
buas adalah harimau
7.
Salah satu hewan pemakan daging yang berbentuk panjang
dan tidak berkaki yang termasuk reptil adalah ular
8.
Hewan yang disebut raja hutan dan pemakan daging adalah
singa
9.
Makanan kambing adalah rumput
10. Salah
satu hewan pemakan tumbuhan yang berbulu lebat adalah domba
11. Salah
satu hewan ternak pemakan tumbuhan yang
lebih besar dari kambing adalah sapi
12. Salah
satu hewan pemakan daging yang berkaki 4 yang hidup di darat dan di air
termasuk reptil adalah buaya
13. Salah
satu pemakan daging yang hidup di air dan termasuk ikan adalah hiu
14. Nama
lain dari hewan atau binatang adalah fauna
15. Gigi
yang berguna untuk menggigit dan memotong makanan adalah seri
KOTAK JAWABAN
C
|
O
|
K
|
U
|
R
|
J
|
G
|
H
|
I
|
H
|
U
|
M
|
A
|
N
|
U
|
S
|
I
|
A
|
L
|
I
|
L
|
N
|
R
|
T
|
S
|
I
|
G
|
R
|
Q
|
R
|
A
|
I
|
N
|
A
|
A
|
N
|
I
|
I
|
A
|
U
|
R
|
V
|
I
|
M
|
T
|
G
|
Z
|
M
|
D
|
M
|
S
|
O
|
V
|
B
|
U
|
A
|
Y
|
A
|
O
|
P
|
A
|
R
|
O
|
W
|
X
|
H
|
I
|
U
|
M
|
U
|
P
|
A
|
R
|
F
|
A
|
U
|
N
|
A
|
B
|
T
|
I
|
Y
|
A
|
S
|
E
|
R
|
I
|
D
|
A
|
E
|
KISI-KISI LEMBAR PENILIAN
INDIKATOR
|
BUTIR SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
1.
Jenis hewan dan makanannya
|
A : 1,
2, 3, 4, 5
B : 1,
2, 3, 4, 5
C: 1,
2, 3, 4, 5
D: 1,
2, 3, 4, 5
|
Lihat
kunci lembar penilaian
|
EVALUASI
1. Berikut ini bahan makanan yang bersumber dari
hewan ialah ....
a. buah c. daun
b. daging d. batang
2. Contoh hewan yang
memakan pucuk bambu ialah………..
a. kambing c. kuda
b. monyet d. panda
3. Hewan-hewan pemakan
tumbuhan
disebut juga ....
a. herbivor c. omnivor
b. karnivor d. insektivor
4. Omnivor merupakan jenis
hewan
pemakan ....
a. serangga
b. tumbuhan dan hewan
c. tumbuhan
d. hewan
5. Salah satu contoh
burung pemakan
biji ialah burung....
a. burung kolibri
b. burung gagak
c. burung pipit
d. bangau
KUNCI JAWABAN
1. B
2. D
3. A
4.B
5. C
Tidak ada komentar:
Posting Komentar