Sabtu, 28 Januari 2012

Dasar-Dasar Materi Ajar bahasa indonesia sd


Dasar-Dasar Materi Ajar

Subunit 1
Pemilihan Materi Ajar Didasarkan Pada Kurikulum

Pengertian Kurikulum
            Menurut Tanner dan Tanner (dalam ali, 1992:6-7) mengungkapkan bahwa pengertian kurikulum mencakup berbagai pengetahuan yang terorganisasi, modus-modus, pikiran, pengalaman ras, pengalaman terpadu, suatu lingkungan belajar yang terencana, isi dan proses kognitif/afektif, rencana pengajaran, tujuan dan hasil pengajaran, dan suatu system teknologi produksi.
            Menurut Ali(1992: 16) kurikulum dibagi atas tiga kelompok yaitu : (1) kurikulum sebagai rencana pembelajaran (2) kurikulum sebagai pengalaman belajar, dan (3) kurikulum sebagai rencna belajar.
            Stratemeyer, forkner, dan McKim (dalam ali, 1992:5) kurikulum adalah : (1) mata pelajaran-mata pelajaran dan kegiatan lain-kegiatan lain di kelas (2)seluruh pengalaman belajar, baik yang diperoleh dari dalam kelas maupun dari luar kelas, yang diprakarsai oleh sekolah, dan (3) seluruh pengalaman peserta didik
            Saylor, Alexander, dan Lewis (dalam Ali, 1992:2) merumuskan pengertian kurikulum ke dalam empat kategori, yaitu :
  1. kurikulum sebagai rencana tentang mata pelajaran
  2. kurikulum rencana pengalaman kelas
  3. kurikulum sebagai rencana tujuan pendidikan yang hendak dicapai, dan
  4. kurikulum sebagai rencana kesempatan belajar


Kriteria Memilih Isi Kurikulum
            Taba (dalam Ali, 1992:96) mengungkapkan criteria isi kurikulum, sebagai berikut.
  1. Isi kurikulum harus sahih dan terpercaya
  2. Isi kurikulum harus berpegang pada kenyataan sosoial
  3. Kedalam dan keluasan kurikulum harus seimbang
4.      Isi kurikulum harus meliputi ranah pengetahuan, ketrampilan, dan sikap.
  1. Isi kurikulum harus dapat dipelajari dan disesuaikan dengan pengalaman peserta didik
  2. Isi kurikulum harus dapat memenuhi kebutuhan dan menarik peserta didik.

Pendapat Tyler (dalam Ali, 1992: 98-99) sebagai berikut.
1.        Isi kurikulum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempraktikkan jenis perilaku yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
2.        Pengalaman belajar harus dapat memberikan kepuasan kepada peserta didik melalui pelaksanaan atau penampilan perilaku yang sesuai dengan tujuan
3.        Pengalaman belajar harus dalam batas kemungkinan peserta didik dap[at terlibat aktif dalam proses pembelajaran
4.        Pengalaman belajar hendaknya diseleksi, pilih yang paling tepat dilaksakan.
5.        Pengalaman belajar diupayakan dapat mencapai suatu jenis perilaku dan dapat mengembangkan kemampuan lain.

Subunit 2
Pemilihan materi ajar didasarkan pada tingkat perkembangan peserta didik, lingkungan dan ketersediaan sarana.

Pemilihan materi ajar didasarkan pada tingkat perkembangan peserta didik.
            Perkembangan membaca terjadi atas beberapa frase, yaitu sebagai berikut.
            Fase kesatu, kelas I dan kelas II, sudah dapat membaca dengan lancer dalam cerita sderhana.
            Fase kedua, kelas III dan kelas IV, anak sudah dapat menganalisis kata yang tidak diketahuinya menggunakan pola tulisan dan kesimpulan yang didasarkan konteknya.
            Fase ketiga, kelas IV sampai SLTP, pembelajarn membaca sudah meningkat buakn lagi pengenalan tulisan, melainkan sudah pada tingkat pemahaman bahan bacaan.
            Fase keempat, kelas akhir SLTP sampai SLTA, masa remaja. Mereka sudah menggunakan keterampilan tingkat tinggi, sebagai contoh menyimpulkan, mengenal pandangan penulis untuk meningkatkan pemahaman.
            Fase kelima, tingkat prguruan tinggi dan setrusnya, mahasiswa atau orang dewasa sudah dapat mengintegrasikan hal-hal yang dibaca dengan pengetahuan yang dimilikinya, menanggapi secara kritis bahan bacaan (Owena dalam Zuchdi, 1996/1997:20-21)

Subunit 3
Kriteria Mengkaji Buku Paket

Kreteria Mengkaji Buku Paket
            Menurut Greene dan Petty (dalam Tarigan, 1998:20) mengungkapkan sepuluh criteria buku paket yang dikatakan berkualitas, yaitu buku paket harus: (1) menarik minat, (2) mampu memberikan motivasi, (3) memuat ilustrasi yang menarik hati peserta didik, (4) mempertimbangkan aspek linguistic, (5) isinya harus berhubungan dengan mata pelajaran yang lain, (6) dapat merangsang aktivitas pribadi para peserta didik, (7) jelas konsep-konsepnya, (8) memiliki sudut pandang yang jelas dan tegas, (9) mampu memberikan pemantapan dan penekanan pada nilai-nilai peserta didik, dan (10) buku paket harus dapat menghargai perbedaan-perbedaan pribadi para peserta didik.
            Menurut tarigan buku paket harus: (1) memiliki sudut pandang tertentu yang melandasinya, (2) memiliki konsep yang jelas, (3) relevan dengan kurikulum, (4) menarik minat, (5) dapat menumbuhkan motivasi, (6) merangsang aktivitas peserta didik, (7) dilengkapi ilustrasi yang menarik, (8) mudah dipahami, (9) menunjang mata pelajaran lain, dan (10) menghargai perbedaan individu.
            Menurut Sudjana (dalam Djuanda, 2006:40) mengemukakakan criteria umum pemilihan sumber belajar adalah sumber belajar harus (1) harus ekonomis, (2) praktis dan sderhana, (3) mudah diperoleh, (4) fleksibel, (5) dapat memotivasi peserta didik, (6) dapat menunjang pencapaian tujuan.






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar