Sabtu, 28 Januari 2012

Pendekatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar


Ø  Pengertian
Pendekatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar adalah seperangkat asumsi tentang hakikat bahasa, pengajaran bahasa dan proses belajar bahasa. Asumsi-asumsi itu antara lain adalah asumsi terhadap bahasa sebagai alat komikasi, asumsi pandangan behavior, asumsi pandangan konstruktif, dan asumsi humanisme.
Ø  Pendekatan Tujuan
Pendekatan tujuan dilandasi oleh pemikiran bahwa dalam setiap kegiatan belajar-mengajar yang harus dipikirkan dan ditetapkan lebih adahulu adalah tujuan yang hendak dicapai. Kemudian menetapkan metode mana yang akan digunakan dan teknik pengajaran yang bagaimana yang diterapkan agar tujuan pembelajaran tersebut dapat dicapai.
Ø  Pendekatan Structural
Pendekatan strukrural menitik beratkan pada pengetahuan tentang strukturbahasa yang tercakup dalam fonologi, mofologi, dan sintaksis.
Ø  Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Bahasa.
Dalam proses belajar atau belajar bagaimana belajar diperlukan keterampilan intelektual, keteramilan social, dan keterampilan fisik. Keterampilan proses berfungsi sebagai alat menemukan dan mengembangkan konsep.  Keterampilan konsep dibangun oleh sejumlah keterampilan-keterampilan, dimana ada keterampilan yang cocok dikembangkan oleh pelajaran tertentu dan kurang cocok dikembangkan oleh mata pelajaran tertentu.



Subunit 2
Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.

Ø  Pengertian Metode
Metode adalah rencana penyajian bahan yang menyeluruh dengan urutan yang sistematis berdasarkan pendekatan tertentu.  Metode pembelajaran bahasa di kelas rendah antara lain
-          metode eja
-          metode suku kata dan metode kata
-          metode global
-          metode structural analisis sintesis (SAS)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar