Ø
Pengertian
Pendekatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar adalah
seperangkat asumsi tentang hakikat bahasa, pengajaran bahasa dan proses belajar
bahasa. Asumsi-asumsi itu antara lain adalah asumsi terhadap bahasa sebagai
alat komikasi, asumsi pandangan behavior, asumsi pandangan konstruktif, dan
asumsi humanisme.
Ø
Pendekatan Tujuan
Pendekatan tujuan dilandasi oleh pemikiran bahwa dalam setiap kegiatan
belajar-mengajar yang harus dipikirkan dan ditetapkan lebih adahulu adalah
tujuan yang hendak dicapai. Kemudian menetapkan metode mana yang akan digunakan
dan teknik pengajaran yang bagaimana yang diterapkan agar tujuan pembelajaran
tersebut dapat dicapai.
Ø
Pendekatan Structural
Pendekatan
strukrural menitik beratkan pada pengetahuan tentang strukturbahasa yang
tercakup dalam fonologi, mofologi, dan sintaksis.
Ø
Pendekatan Keterampilan Proses Dalam
Pembelajaran Bahasa.
Dalam proses belajar atau belajar bagaimana belajar diperlukan
keterampilan intelektual, keteramilan social, dan keterampilan fisik.
Keterampilan proses berfungsi sebagai alat menemukan dan mengembangkan
konsep. Keterampilan konsep dibangun
oleh sejumlah keterampilan-keterampilan, dimana ada keterampilan yang cocok
dikembangkan oleh pelajaran tertentu dan kurang cocok dikembangkan oleh mata
pelajaran tertentu.
Subunit 2
Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.
Ø
Pengertian Metode
Metode adalah
rencana penyajian bahan yang menyeluruh dengan urutan yang sistematis
berdasarkan pendekatan tertentu. Metode
pembelajaran bahasa di kelas rendah antara lain
-
metode eja
-
metode suku kata dan metode kata
-
metode global
-
metode structural analisis sintesis (SAS)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar