Sabtu, 28 Januari 2012

Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar




Subunit 1
Penilaian Proses dan Penilaian Hasil dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

Penilaian dalam pembelajaran bahasa Indonesia sama dengan penilaian dalam mata pelajaran lain, meliputi 3 ruang lingkup, yaitu: 10 penilaian program pengajaran (penilaian terhadap tujuab, isi program, dan strategi pembelajaran); 2) penilaian proses pengajaran (kesesuaian antara rencana dan PBM); kesiapan guru melaksanakan PBM; kesiapan siswa (S) mengikuti PBM; minat dan perhatian S; keaktifan dan partisipasi S; peranan BP terhadap S yang memerlukan; interaksi komunikai yang terjadi di kelas; pemberian penguatan; pemberian tugas); dan 3) penilaian hasil pengajaran (pengauasaan S terhadap tujuan yang direncanakan).

Penilaian Proses dan Penilaian Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia SD
            Depdiknas (2005) menyatakan bahwa penilaian otentik memiliki beberapa syarat, yaitu:
  1. Proses penilaian harus merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran
  2. Penilaian harus mencerminkan masalah dunia nyata
  3. Penilaian harus menggunakan berbagai ukuran, metode, dan criteria yang sesuai dengan karakteristik dan esensi pengalaman belajar
  4. Penilaian harus bersifat holistic, mencakup semua aspek dari tujuan pembelajaran.


Subunit 2
Teknik Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia SD: Tes dan Nontes


Tujuan Penilaian
-          Memberikan informasi belajar kepada siswa
-          Mengetahui tingkat kemampuan siswa
-          Member motivasi
-          Memberikan informasi tentang tujuan

Prinsip Penilaian
-          Menyeluruh
-          Objektif
-          Terbuka
-          Bersifat mendidik
-          Bermakna
-          Kesesuaian
-          Otentik
-           
Langkah-langkah penilaian
-          menentukan tujuan
-          menghimpun data baik dari tes atau non tes
-          verifikasi
-          mengolah dan menganalisa
-          evaluasi (diatur, diolah, di analisis, disimpulkan)

Macam-macam Alat Penilaian
Tes :
-             objektif/pilihan ganda
-             essai
-             performasni (unjuk kerja)
Non Tes:
-             portofolio
-             observasi
-             wawancara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar