Subunit 1
Penilaian Proses dan Penilaian Hasil dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia SD
Penilaian dalam
pembelajaran bahasa Indonesia sama dengan penilaian dalam mata pelajaran lain,
meliputi 3 ruang lingkup, yaitu: 10 penilaian program pengajaran (penilaian
terhadap tujuab, isi program, dan strategi pembelajaran); 2) penilaian proses
pengajaran (kesesuaian antara rencana dan PBM); kesiapan guru melaksanakan PBM;
kesiapan siswa (S) mengikuti PBM; minat dan perhatian S; keaktifan dan
partisipasi S; peranan BP terhadap S yang memerlukan; interaksi komunikai yang
terjadi di kelas; pemberian penguatan; pemberian tugas); dan 3) penilaian hasil
pengajaran (pengauasaan S terhadap tujuan yang direncanakan).
Penilaian Proses
dan Penilaian Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia SD
Depdiknas (2005) menyatakan bahwa
penilaian otentik memiliki beberapa syarat, yaitu:
- Proses penilaian harus merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran
- Penilaian harus mencerminkan masalah dunia nyata
- Penilaian harus menggunakan berbagai ukuran, metode, dan criteria yang sesuai dengan karakteristik dan esensi pengalaman belajar
- Penilaian harus bersifat holistic, mencakup semua aspek dari tujuan pembelajaran.
Subunit 2
Teknik Penilaian
Pembelajaran Bahasa Indonesia SD: Tes dan Nontes
Tujuan Penilaian
-
Memberikan informasi belajar kepada siswa
-
Mengetahui tingkat kemampuan siswa
-
Member motivasi
-
Memberikan informasi tentang tujuan
Prinsip Penilaian
-
Menyeluruh
-
Objektif
-
Terbuka
-
Bersifat mendidik
-
Bermakna
-
Kesesuaian
-
Otentik
-
Langkah-langkah penilaian
-
menentukan tujuan
-
menghimpun data baik dari tes atau non tes
-
verifikasi
-
mengolah dan menganalisa
-
evaluasi (diatur, diolah, di analisis, disimpulkan)
Macam-macam Alat Penilaian
Tes :
-
objektif/pilihan ganda
-
essai
-
performasni (unjuk kerja)
Non Tes:
-
portofolio
-
observasi
-
wawancara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar