Kamis, 09 Februari 2012

Penyusunan Rencana Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar



Subunit 1
Media pembelajaran

Pengetian media pembelajaran
            Menurut gagne dan Briggs (dikutip Arsyad, 2002) menyatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran yang antara lain terdiri atas: buku, tape recorder, film, foto, grafik, kaset, video kamera, televise, computer dan lain-lain.
            Menurut AECT (Assosiation of Education and Communiacation technology), 1977, menyebutkan bahwa media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Sejalan dengan NEa (national Education Association), media adalah segala benda yang dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca, atau dibicarakan beserta instrument yang digunakan untuk kegiatan tersebut. 
            Menurut Depdiknas (2003) dinyatakan bahwa media pembelajaran adalah media pendidikan yang secara khusus digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang sudah dirumuskan.


Fungsi Media Pembelajaran.
            Menurut Kemp dan Dayton (1985) mengidentifikasi beberapa manfaat media dalam pembelajaran, yaitu:
  1. Penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan
  2. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
  3. Proses pembelajaran menjadi lebih interktif
  4. Pemakaian waktu dan tenaga lebih efisien
  5. Kualitas hasil belajar siswa meningkat
  6. Proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja
  7. Menumbuhkan sikap positif siswa terhadap proses belajar
  8. Mengubah peran guru kea rah yang lebih positif dan produktif

Jenis Media Pembelajaran
Atmohoetomo (dalam Ruhani, 1997) membagi media pembelajaran dalam tiga jenis yaitu:
  1. Media audio meliputi radio, piringan hitam dan tape recorder
  2. Media visual meliputi
-          Diproyeksikan seperti slide/film bisu, film strip/loop, overhead proyektor, epidiascope
-          Tanpa diproyeksikan seperti wall sheets, model, objek
  1. Media audio visual meliputi televise, rado vision/video, film dan sound slides
Pengembangan Media Pembelajaran
            Enam kegiatan yang harus dilakukan dalam merencanakan suatu media
  1. Menganalisis karakter siswa
  2. Merumuskan tujuan pembelajaran
  3. Memilih atau memodifikasi media yang akan digunakan
  4. Menggunakan materi dan media
  5. Meminta respon siswa yang berkaitan dengan media yang akan digunakan
  6. Mengevaluasi tanggapan siswa
Hafni (1985) mengemukakan bahwa media yang akan dipilih hendaknya memiliki karakteristik berikut.
  1. Relevan dengan tujuan
  2. Sederhana
  3. Esensial
  4. Menarik dan menantang.

Subunit 2
Prinsip Pengembangan Desain Instruksional

            Menurut Semi (1990) bahwa pengembangan instruksional adalah cara sistematis dalam mengidentifikasi dan mengembangkan tujuan, materi, strategi belajar-mengajar, alat bantu pengajaran, dan evaluasi, yang diarahkan untuk mencapai tujuan.
            Menurut Depdiknas (2006), penyusunan dan pengembangan desain instruksional harus memperhatikan beberapa prinsip berikut, (1) Relevan, (2) Ilmiah, (3) Sistematis, (4) Konsisten, (5) Memadai, (6) Actual dan kontekstual, (7) Fleksibel, (8) Menyeluruh, (9) Isi perencanaan.
            Model pengembangan perencanaan pembelajaran menurut Semi (1990: 4-5): 1) teaching research system (Hamreaus, 1968); 2) Michigan State Univerity Instructional Development Model (Barson, 1976); 3)system approach for education (Corigon, 1966); 4) project Minerva instructional system design (tracy, 1967); 5) Benathy instructional system (Benathy, 1968); 6) instructional development system (IDI, 1967); dan 7) Model Kemp (Kemp, 1977).

Subunit 3
Rencana Program Pembelajaran Bahasa Indonesia

RPP merupakan persiapan mengajar yang berisi hal-hal yang perlu atau harus dilakukan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, yang antara lain meliputi: penentuan tujuan, pemilihan materi, metode, media, dan alat evaluasi. Lingkup RPP paling luas mencakup 1 (satu) komptensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indicator atau beberapa indicator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. RPP digunakan sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran agar lebih terarah dan berjalan efisien dan efektif. RPP harus memiliki criteria berikut: kemampuan dasara dan materi yang mengacu pada silabus, proses pembelajaran memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, terdapat keselarasan antara kemampuan dasar, materi, dan alat penilaian; dapat dilaksanakan;dan mudah dipahami/dimengerti.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar