Minggu, 05 Februari 2012

Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Sedolah Dasar




Subunit 1
Teori Pengembangan Materi Ajar

Ada sejumlah cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan materi ajar bahasa Indonesia, secara garis besar digolongkan dalam tiga cara, yaitu adopsi, adaptasi dan menulis sendiri.
Adopsi Materi Ajar (Materials Evaluation)
            Materi ajar dapat dievaluasi  untuk menentukan apakah (1) unsure motivasi cukup terasa dalam materi tersebut (2) isinya sesuai (3) urutannya benar, (4) semua informasi yang dibutuhkan tersedia (5) latihan soal tersedia (6) mengandung umpan balik yang memadai (7) test yang cocok disediakan (8) arah tindak lanjut diberikan dengan cukup (9) panduan diberikan secara memadai.
            Proses evaluasi materi ajar dapat dibagi menjadi empat langkah pokok, yaitu (1) menentukan criteria (2) analsisi subjektif (3) analisi objektif dan (4) mencocokkan.
Adaptasi Materi Ajar
            Adaptasi materi ajar adalah membuat perubahan terhadap materi yang sudah ada dalam rangka memperbaikinya atau menjadikannya lebih cocok untuk siswa. Adaptasi buku dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: (1) memodifikasi isi (2) menambahkan atau mengurangi, (3) menyusun kembali isi, (4) menghilangkan bagian tertentu, (5) memoditifikasi tugas, dan (6) mengembangkan tugas yang ada.
Menulis materi ajar.
            Menurut Tomlinson (1999:2) menulis materi ajar merupakan kegiatan dalam rangka seorang guru mengadakan sumber belajar dan menggunakan sumber tersebut untuk memaksimalkan pencapaian pemahaman. Dengan kata lain menyediakan informasi tentang dan/atau pengalaman tentang bahasa dengan cara yang dirancang untuk memajukan pembelajaran bahasa.

Subunit 2
Praktikum Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia SD
Berdasarkan kurikulum 2004, materi pokok yang tercantum antara lain untuk aspek mendengarkan, berbicara, membaca kelas VI. Untuk aspek mendengarkan siswa dapat menggunakan teks cerita, berita televise atau radio, dan cerita anak. Untuk aspek berbicara siswa dapat menceritakan hasil pengamatan, menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari nara sumber, tema cerita fiksi, acara perpisahan, diskusi rencana kegiatan, dan drama anak. Untuk aspek membaca siswa dapat membaca teks sambutan peringatan hari-hari besar, teks narasi, laporan hasil pengamatan, iklan, teks kolom khusus dari majalah/surat kabar, teks petunjuk perjalanan, novel anak dan cerita rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar