Minggu, 11 Oktober 2015

Pola pikir adalah ....

Pola Pikir atau mindset adalah sekumpulan kepercayaan (belief) atau cara berpikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang, yang akhirnya akan menentukan level keberhasilan hidupnya.  (Adi W. Gunawan dalam Yoga, 2008). 
Adi meyakini bahwa belief menentukan cara berpikir, berkomunikasi dan bertindak seseorang.  Dengan demikian jika ingin mengubah pola pikir, yang harus diubah adalah belief atau kumpulan belief.  Dweck, 2008, mengatakan  bahwa “Pandangan yang orang adopsi untuk dirinya sangat mempengaruhi cara orang tersebut mengarahkan kehidupan”.  Artinya kepercayaan atau keyakinan seseorang memiliki kekuatan yang dapat mengubah pikiran, kesadaran, perasaan, sikap, dan lain-lain, yang pada akhirnya membentuk kehidupannya saat ini.

Jenis-jenis Pola Pikir
Carol S. Dweck, 2008 dalam bukunya Change Your Mindset – Change Your Life, mengatakan bahwa pada dasarnya ada dua jenis pola pikir manusia, yaitu pola pikir tetap dan pola pikir berkembang.  Ciri-ciri dari kedua jenis pola pikir tersebut diantaranya sebagaimana tertera pada tabel di bawah ini.

Tabel 1. Perbedaan Orang yang Berpola Pikir Tetap dan Pola Pikir Berkembang
NO
POLA PIKIR TETAP
POLA PIKIR BERKEMBANG
1
Sibuk membuktikan kehebatan dirinya.
Tidak punya kepentingan untuk membuktikan diri mereka.  Mereka hanya melakukan apa yang mereka cintai.
2
Menggunakan segala cara untuk mencapai sukses.
Meyakini bahwa mengelak, curang, dan menyalahkan orang lain bukanlah resep untuk sukses.
3
Defensif bila orang lain menunjukkan kesalahannya.
Berani mengakui kesalahan, dan mengambil lebih banyak manfaat dari umpan balik yang ia dapatkan.
4
Ingin menjadi satu-satunya ikan besar.
Tidak akan menegaskan statusnya dengan merendahkan orang lain.  Ia tidak akan menghalangi karyawan yang berkinerja tinggi, dan tidak menganggap karyawan tersebut adalah ancaman baginya.
5
Lebih fokus pada kekuasaannya ketimbang kesejahteraan karyawannya. 
Peduli terhadap pengembangan personil. Bertanggungjawab atas proses-proses yang membawa kesuksesan, dan mempertahankannya
6
Semua keberhasilan karena dirinya.
Tidak senang disebut sebagai orang pertama. Mereka akan mengatakan, “Hampir semua yang telah saya lakukan dalam hidup dapat terselesaikan berkat kerjasama dengan orang lain...”
7
Pendapatnya yang paling benar
Menumbuhkan pandangan-pandangan alternatif dan konstruktif, mempersilahkan karyawannya untuk mengambil sudut pandang yang berbeda, sehingga ia dapat melihat kekurangan-kekurangan dalam posisinya

Setelah melihat tabel ini, kira-kira termasuk yang manakah anda..?
Setelah memahami pengertian pola pikir, kedepan kita perlu memahami faktor-faktor apa sajakah yang dapat memengaruhi pola pikir seseorang.  Nantikan postingan saya berikutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar